Thursday, March 1, 2018

Apakah Higher-Order Thinking itu?

Haloo...sogheb Nusantara...jumpa lagi dengan bang jack!!
(jack datang masalah muncul, sebelum jack pergi masalah sudah terpecahkan hehehe...)
sogheb nusantara, kali ini penulis mau berbagi tentang soal-soal yang berkriteria Higher Other Thinking Skill yang kurang lebih bahasa nusantaranya adalah keterampilan berpikir tingkat tinggi.
Hots ini erat kaitanya dengan penilaian kompetensi kognitif (Cognitif=C) dimana diketahui bersama bahwa sesuai taksonomi Bloom-Anderson kompetensi ini ada enam level yaitu C1/mengingat, C2/memahami, C3/menerapkan, C4/menganalisis, C5/mengevaluasi, & C6/mengkreasi atau IPTAEK (Ingat-Paham-Terapkan-Analisi-Evaluasi-Krasi)...hhehehe boleh khan?? perhatikan yang P italic pengeertian sdikitlah...
Dari keenam tingkatan atau level kognitif ini, rujukan atau dasar untuk penyusunan soal Hots ada pada level C4-C6/AEK. Sekeaitan dengan ini pula perlu disegarkan selalu adalah setiap soal akan dituntun oleh arah indikator dan setiap indikator akan dikontrol oleh arah dan level kognitif kompetensi dasar (KD). Artiya level kognitif (C) indikator tidak boleh di atas level KD. Jika Level KD kata operasionalnya (KKO)nya hanya berada pada level C3, maka semua indikator pada KD tersebut harus berada pada level C1 sd. C3 saja. Ini artinya pada KD ini tidak ada indikator C4 sd. C6 atau tidak ada indikator yang mengarah pada penyusunan soal HOTS.
Dalam suatu jenjang kelas biasanya terdapat 10 - 12 KD, sogheb bisa mengidentifikasi ulang KKO tiap KD, dengan demikian sogheb nusantara dapat merencanakan di KD mana akan disusun soal-soal HOTS.
Selanjutnya apa dan bagaimana cara penyusunan soal HOTS itu?? sogheb dapat menelusuri bahan pencerahannya pada file-file berikut:

Download file PPt tentang HOTS di SINI
Download file PPt tentang Literasi dan HOTS di SINI
Download file PPt tentang Penilaian berbasisi Sains di SINI

No comments :

Post a Comment

Tabe' dibutuhkan Komentar yang konstruktif ......;;...