Monday, January 29, 2018

CONTOH DAFTAR NILAI PESERTA DIDIK K-13

Haloo sogheb nusantara...jumpa kembali dengan saya Zakaria-jack!
Pada kesempatan ini saya ingin berbagi dengan sogheb tentang Daftar Nilai Peserta Didik yang disesuaikan dengan Panduan Penilaian Peserta Didik oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan tahun 2017 dan diimplementasikan pada tahub 2018 ini. Daftar Nilai ini juga mengakomodir kebutuhan pengelolaan nilai dan pengelolaan rapor peserta didik. 
Sebagaimana diketahui bahwa daftar nilai merupakan suatu matriks yang berisi komponen-komponen yang dinilai atau istilah awamnya lembaran tempat menulis nilai-nilai peserta didik, dan bukan lembaran panduan aspek yang dinilai (kl yg itu yaa...instrumen penilaian). Jika ingin lebih akrab Daftar Nilai adalah blanko nilai yang merupakan lembaran yang berisi teknik-teknik penilaian yang direncanakan. Teknik ini harus sesuai dengan panduan penilaian yang telah ditebtukan oleh PSMP Dir. GTK Kemendikbud.
Sogheb perlu ketahui bahwa ada empat kompetensi yang akan diukur ketercapaiannya yaitu Kompetensi sikap spiritual, sosial, pengetahuan, dan keterampilan. Ketercapaian kompetensi spiritual dan sosial sudah ditentukan dari pengembang penilian Dir PSMP yaitu minimal berkriteria BAIK. Indikator ketercapaian kompetensi pengetahuan, dan keterampilan harus dikoprontasikan dengan KKM suatu mata pelajaran yang ditentukan oleh sekolah sogheb masing-masing. Bicara tentang KKM ada dua versi yaitu KKM versi yang saya sebut KKM Kur-06 dan KKM versi PPPPTK berdasarkan modul PKB. Jenis analisis dan penentuan KKM yang akan dipakai, keputusannya dikembalikan kepada komunitas sogheb
Pada panduan penilaian peserta didik tahun 2017 yang merupakan derivat (turunan dari Permen No. 53 tahun 2015 dan dari hasil penyegaran Instruktur Kabupaten K-13 (IK K-13) tertera di sini.
Untuk mendapatkan respon dalam bentuk kritikan membangun dari sogheb sekalian dapat mendownload Daftar Nilai versi saya yang sementara diberlakukan di SMPN 1 Barru.
Contoh Daftar nilai dapat di download di sini
Instrumen jurnal hasil penilaian teknik observasi dapat didownload do sini

No comments :

Post a Comment

Tabe' dibutuhkan Komentar yang konstruktif ......;;...