Sekarang posisi saya di sini bukan hanya sbg pendidik pada satuan pendidikan SMPN 1 Barru, ttp sbg pendidik bg peserta didik yg mau dan siap dididik....
Pada kesempatan ini saya akan sajikan Indikator Soal UN 2013 untuk jenjang SMP, smoga bermanfaat bg dunia pendidikan...Aamiin.
Ikuti instruksi/perintah indikator soal ini, niscaya para siswa skalian akan mendapatkan soal UN_SMP-2013, sederhana...tugas kalian adalah mencari sbanyak-banyaknya contoh soal yg sesuai dengan instruksi/perintah indikator soal....selamat membuka soal UN|SMP|2013.
SUB MATA PELAJARAN FISIKA....
INDIKATOR SOAL UN-2013 TINGKAT SMP
SUB MATA PELAJARAN FISIKA
INDIKATOR
SOAL UN-2013 TINGKAT SMP
SUB
MATA PELAJARAN FISIKA
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
INDIKATOR SOAL
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Melakukan pengukuran dasar secara
teliti dengan menggunakan alat ukur
yang sesuai dan sering digunakan
dalam kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan besaran pokok, besaran turunan dan
satuannya atau penggunaan alat ukur dalam kehidupan sehari-hari.
|
· Disajikan tabel, siswa PD mampu menentukan besaran
turunan satuan SI dan alat ukurnya.
|
|
· disajikan gambar pengukuran suhu dengan dua termometer
yang berbeda, pd dapat menghitung suhu pada salah satu Termometer jika skala
suhu lainnya diketahui;
|
|||
· Disajikan gambar alat ukur (mistar, neraca,
stopwatch, gelas ukur, Termometer), PD dapat membaca hasil pengukuran yang
ditunjukkan gambar terasebut.
|
|||
2
|
Menerapkan konsep zat dan kalor
serta kegunaannya dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Menentukan
sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya atau penerapan dalam kehidupan sehari-hari.
|
· Disajikan gambar dan tabel, PD dapat menentukan
sifat-sifat wujud suatu zat.
|
Menentukan konversi suhu pada
termometer.
|
·
Disajikan gambar, PD dapat menentukan massa jenis
terbesar atau terkecil jika beberapa zat cair berada pada satu wadah
|
||
· Disajikan gambar beberapa logam yang beasarnya sama
tetapi massanya berbeda, PD mampu menentukan jenis masing-masing logam
berdasarkan perhitungan dan tabel berbagai massa jenis benda.
|
|||
Menelaskan pengaruh suhu terhadap pemuaian zat
yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Disajikan gambar, PD dapat memberikan contoh masalah
pemuaian yang terjadi disekitar kehidupan sehari-hari, dan memberikan
alasannya.
·
\
|
||
·
Disajikan gambar, PD dapat memberikan contoh
pemanfaatan pemuaian dalam kehidupan sehari-hari.
|
|||
· Disajikan gambar, PD dapat menjelaskan peristiwa
sehari-hari berkaitan dengan pemuaian.
|
|||
Menentukan besaran kalor dalam proses perubahan
suhu atau penerapan perubahan wujud zat dalam
kehidupan sehari-hari.
|
· PD dapat menentukan kenaikan
suhu dan suhu akhir suatu campuran
|
||
· PD dapat menentukan jumlah
kalor yang diperlukan oleh benda pada proses tertentu jika parameter lain
diketahui kalor jenis dan massa benda diketahui atau kalor jenis suatu zat.
|
|||
· PD dapat menyebutkan contoh
pemanfaatan perubahan wujud dalam kehidupan sehari-hari.
|
|||
Mendeskripsikan dasar-dasar mekanika (gerak, gaya,
usaha, dan energi) serta penerapan konsep tekanan dalam kehidupan sehari-hari
|
Menentukan jenis gerak lurus atau penerapan hukum Newton
dalam kehidupan sehari-hari.
|
· PD dapat memberikan contoh
penerapan hukum II Newton, atau hukum III Newton
|
|
·
PD
dapat memberikan contoh penerapan hukum I Newton, atau hukum III Newton
|
|||
· Menentukan jenis gerak (gambar,
grafik atau pernyataan)
|
|||
Menentukan besaran fisis pada usaha
atau energi pada
kondisi tertentu
|
· PD dapat menentukan energi
kinetik benda jika massa dan kecepatan benda diketahui.
|
||
· PD dapat menentukan energi
potensial gravitasi jika massa dan ketinggian benda tersebut diketahui.
|
|||
· PD dapat menghitung besarnya
usaha pada benda yang diangkat vertikal ke atas atau menentukan besar dan
arah gerak benda jika benda tersebut dikenai gaya atau disajika beberapa
gambar beberapa gaya yang bekerja pada benda dan jarak perpindahannya, PD
dapat menentukan usaha terhadap benda.
|
|||
Menentukan penerapan pesawat sederhana dalam kehidupan
sehari-hari.
|
· Disajikan gambar beebrapa alat pesawat sederhana, PD
mampu memberikan contoh alat pesawat sederhana lain yang sejenis.
|
||
·
Disajikan gambar beebrapa alat pesawat sederhana, PD
dapat menetukan gaya paling besar atau gaya paling kecil untuk menahan
benda yang berada pada bidang miring.
|
|||
· PD mampu menjelaskan prinsip
kerja salah satu alat pesawat sederhana yang digunakan dalam kehidupan
sehari-hari.
|
|||
Menentukan besaran fisis yang terkait dengan
tekanan pada suatu zat.
|
· Disajikan gambar beberapa alat pesawat sederhana, PD
dapat menentukan besarnya salah satu variabel pada hukun Pascal
|
||
· PD dapat menentukan gaya ke
atas jika benda berada dalam zat cair jika besaran lain diketahui
|
|||
· Disajikan gambar dua bejana berhubungan yang berisi
zat cair yang berbeda, PD dapat menentukan besarnya tekanan zat cair pada
dasar masing-masing bejana.
|
|||
Memahami konsep-konsep dan
penerapan, getaran, gelombang,
bunyi, dan optik dalam produk
teknologi sehari-hari.
|
Menentukan besaran fisis pada getaran atau
gelombang
|
·
Disajikan gambar ayunan atau pegas yang ditentukan
data-datanya, PD dapat menentukan frekuensi dan amplitudo atau period dan
amplitudo.
|
|
·
Disajikan grafik gelombang, PD dapat menentukan nilai dari salah satu
besaran gelombang.
|
|||
·
Disajikan gambar gelombang tranversal dengan
data-datanya, PD dapat menentukan amplitudo, period dan panjang gelombang.
|
|||
Menjelaskan sifat bunyi atau penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari.
|
· Disajikan gambar, PD mampu menentukan bandul yang
ikut berayun jika bandul yang lain diayunkan.
|
||
· Disajikan stimulus atau gambar berupa periostiwa yang
berkaitan dengan perambatan bunyi, PD
dapat menjelaskan gejala yang terjadi.
|
|||
· Disajikan beberapa peristiwa sehari-hari atau
pernyataan yang berkaitan dengan terjadinya bunyi, PD dapat menjelaskan
gejala pada peristiwa tsb yang berkaitan dengan syarat terdengarnya bunyi
oleh manusia.
|
|||
Menentukan sifat cahaya, besaran-besaran yang berhubungan
dengan cermin/lensa atau penerapan alat optik dalam kehidupan sehari-hari
|
· Disajikan gambar benda dan bayangannya pada lensa
cembung, Siswa dapat menentukan jarak fokus lensa jika jarak benda dan
bayangnnya diketahui..
|
||
· Disajikan gambar benda di depan cermin cekung yang
jarak fokus dan jarak bendanya diketahui, siswa dapat menentukan pembesaran
dan sifat bayangnn..
|
|||
· Siswa dapat menentukan sifat
bayangan pada alat optik tertentu.
|
No comments :
Post a Comment
Tabe' dibutuhkan Komentar yang konstruktif ......;;...