Sunday, March 18, 2012

Ujian Nasional_Contoh Soal IPA_Fisika

CONTOH SOAL DAN PEMBAHASANNYA

PAKET 1


Indikator 1

Membaca alat ukur yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari

1. Perhatikan gambar!



Jika waktu yang ditunjuk stopwatch dijumlahkan 5 sekon maka penunjukan skalanya adalah .....

A. 15,2 sekon

B. 18,0 sekon

C. 19,2 sekon

D. 23,0 sekon

Penyelesaian (Kunci D)

Waktu yang ditunjukan stopwatch 18 + 5 sekon = 23,0 sekon

Indikator 2

Menentukan besaran yang terkait dengan massa jenis

2. Perhatikan gambar!

Massa jenis balok tersebut adalah....

A. 0,4 Kg/m3

B. 2,5 Kg/m3

C. 400 Kg/m3

D. 2500 Kg/m3

Penyelesaian: (Kunci C)

Penjelasan : m = 48 g, V = 6 Cm x 5 Cm x 4 Cm = 120 Cm3. Maka massa jenisnya = 48 g/120 Cm3 = 0,4 g/Cm3 = 400 Kg/m3

Indikator 3.

Menjelaskan pengaruh suhu pada pemuaian dalam kehidupan sehari-hari

3. Suatu tabung berisi penuh gas. Jika tabung dipanaskan, maka tabung akan meledak. Penyebab hal tersebut terjadi adalah ….

A. pemuaian gas lebih besar daripada pemuaian tabung

B. gas mengalami pemuaian dan tabung tidak memuai

C. pemuai tabung lebih besar daripada pemuaian gas

D. tabung dan gas mengalami pemuaian yang sama

Penyelesaian: (Kunci A)

Tabung dan gas mengalami pemuaian. Pemuaian gas lebih besar daripada pemuaian tabung. Sehingga tekanan udara didalamnya semakin besar, akibatnya tabung tidak sanggup menahan tekanan udara.

Indikator 4

Menentukan salah satu besaran yang terkait dengan kalor dan pengaruhnya pada zat

4.Sebuah percobaan untuk mengetahui sejumlah kalor (Q) yang diserap 0.5 kg minyak goreng. Hasil percobaan kalor jenis minyak goreng ditunjukkan pada grafik berikut!

Kalor jenis minyak goreng tersebut adalah….

A. 1.500 J/kg0C

B. 2.400 J/kg0C

C. 2.800 J/kg0C

D. 2.850 J/kg0C

Indikator 6

Mengidentifikasi jenis gerak lurus dalam peristiwa kehidupan sehari-hari

6. Perhatikan contoh gerakan berikut !

(1) bola menggelindung di lantai

(2) orang bersepeda di jalan menurun

(3) bola jatuh dari ketinggian tertentu

(4) orang bersepeda di jalan mendaki

gerakan yang memiliki kecepatan bertambah beraturan adalah ....

A. (1) dan (2)

B. (2) dan (3)

C. (1) dan (3)

D. (1) dan (4)

Penyelesaian (Kunci B)

Kecepatan gerak bertambah beraturan ditunjukkan gerak :

  1. Orang bersepeda di jalan menurun
  2. Bola jatuh dari ketinggian tertentu.

Indikator 7

Menentukan besaran yang terkait dengan tekanan pada suatu zat Menentukan besaran yang terkait dengan tekanan pada suatu zat

7. Perhatikan gambar!


Jika balok tersebut diberi gaya yang sama, maka yang memiliki tekanan yang terbesar adalah ....

A. 1

A. 1B. 2

C. 3

D. 4

Pembahasan (Kunci C)

tekanan terbesar pada balok tersebut adalah yang mempunyai luas terkecil.

Indikaor SKL : Menentukan salah satu besaran fisika pada getaran atau gelombang.

Indikator soal : Disajikan gambar ayunan pegas, Siswa dapat menentukan salah satu besaran jika data lain diketahui.

8. Perhatikan gambar pegas berikut!

Jika gerak bandul dari A ke B memerlukan waktu ½ s, frekuensi pegas adalah ….

  1. ¼ Hz
  2. ½ Hz
  3. 1 Hz
  4. 2 Hz

Pembahasan.

Gerak dari A ke B adalah ½ getaran (n) dan waktunya ½ s (t). Frekuensi = jumlah getaran : waktu atau f=n:t = ½ : ½ = 1Hz.

Kunci C

Indikator SKL : Menjertentu yang berkaitan dengan perambatan bunylaskan ciri atau sifat-sifat bunyi serta pemanfaatannya.

Indikator Soal : Disajikan peristiwa terkait dengan perambatan bunyi di ruang hampa, Siswa dapat menjelaskan penyebab bunyi tidak dapat merambat.

9. Perhatikan gambar!

Mula-mula bunyi bel dapat terdengar. Setelah udara dalam sungkup dihisap keluar, bunyi bel tidak terdengar. Peristiwa tersebut membuktikan bahwa….

  1. bunyi hanya dapat merambat melalui udara
  2. bunyi dapat merambat tanpa udara
  3. bunyi tidak dapat merambat di ruang hampa
  4. bunyi tidak dapat didengar dalam ruang tertutup

Ketika udara dipompa keluar sungkup, ruang dalam sungkup menjadi kosong sehingga tidak perantara perambatan bunyi sehingga bunyi bel tidak dapat terdengar. Ini membuktikan bahwa bunyi tidak dapat merambat diruang hampa.

Kunci : C

Indikator SKL : Menentukan berbagai besaran fisika jika benda diletakkan di depan lensa atau cermin

Indikator Soal : Disajikan gambar benda dan bayangannya pada lensa cembung, Siswa dapat menentukan jarak fokus lensa jika jarak benda dan bayangan diketahui.

10. Benda terletak di depan lensa dan bayangannya tampak seperti gambar!

Jarak fokus lensa berdasarkan data pada gambar tersebut adalah ….

  1. 80 cm
  2. 40 cm
  3. 30 cm
  4. 15 cm

Pembahasan.

Jarak benda (so )= 20cm dan jarak bayangan (si) = 60cm. Karena bayangan nyata, jarak bayangan positif.

Dari rumus :

Kunci : D

Indikator SKL : Menentukan besaran-besaran pada alat optik dan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari

Indikator Soal : Siswa dapat menentukan sifat bayangan pada alat optic tertentu.

11. Bayangan akhir yang dibentuk oleh microscop bersifat ….

  1. maya, tegak diperbesar
  2. maya, terbalik diperbesar
  3. nyata, terbalik diperbesar
  4. nyata, tegak, diperbesar

Pembahasan.

Mikroskop terdiri dari 2 buah lensa yaitu lensa obyektif dan lensa okuler. Benda (obyek) diletakkan diantara f obyektif dengan 2f. Diperoleh bayangan nyata, terbalik diperbesar. Bayangan yang dibentuk oleh lensa obyektif, diterima oleh lensa okuler sebagai benda nyata. Okuler berfungsi sebagai lup, sehingga bayangan obyektif harus jatuh di antara fokus dengan okuler atau paling jauh di titik fokus okuler. Bayangan okuler bersifat maya diperbesar dan tegak terhadap bayangan obyektif. Jadi bayangan akhirnya bersifat : maya, terbalik dan diperbesar.

Kunci : B

Indikator SKL : Menentukan besaran fisika pada berbagai bentuk rangkaian listrik.

Indikator Soal : Disajikan rangkaian beberapa penghambat seri-paralel, yang diketahui hambatan masing-masing dan kuat arus pada salah satu cabang, Siswa dapat menentukan kuat arus pada titik cabang atau cabang lainnya.

12. Perhatikan rangkaian listrik berikut!

Berdasarkan data pada gambar, kuat arus listrik pada titik cabang I1 adalah ....

A. 9A

B. 7,5A

C. 5,5A

D. 4,5A

Pembahasan.

Kuat arus listrik berbanding terbalik dengan hambatannya. Jadi arus yang mengalir pada penghambat : 15Ω adalah 1/3 kali 3A = 1A dan arus pada penghambat 10Ω adalah ½ kali 3A = 1,5A.

Kuat arus pada titik cabang I1 = 3A + 1A = 1,5A = 5,5A

Kunci : C

Indikator SKL : Menentukan besarnya energi dan daya listrik dalam kehidupan sehari-hari.

Indikator soal : Siswa dapat menentukan salah satu variable rumus energi W = V. I . t

13. Lampu pijar dihubungkan pada jaringan listrik PLN dengan tegangan 220V. Jika kuat arus listrik yang mengalir pada lampu 500mA, energi yang diperlukan lampu selama 10menit adalah ....

A. 13200J

B. 66000J

C. 110000J

D. 660000J

Pembahasan.

Energi listrik W = V. I. t = 220V . 0,5A . 600s = 66000J

Kunci : B

Indikator SKL : Menjelaskan cara pembuatan magnet dan atau menentukan kutub-kutub yang dihasilkan.tukan arah garis gaya magnet yang benar pada dua magnet yang diletakkan deret berdekatan.

Indikator soal : Siswa dapat mene

14. Perhatikan bentuk dan arah garis gaya magnet berikut!

Bentuk dan arah garis gaya magnet yang benar adalah ....

A. 1 dan 2

B. 1 dan 3

C. 2 dan 3

D. 3 dan 4

A. 1 dan 2

B. 1 dan 3

C. 2 dan 3

D. 3 dan 4

Pembahasan.

Medan magnet berbentuk garis-garis lengkung yang arahnya ditetapkan dari kutub U ke kutub S Jaadi yang benar adalah ganbar 1 dan 2.

Kunci : B

Indikator SKL : Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi GGL induksi.

Indikator Soal : Disajikan stimulus berupa hubungan antara nyala lampu sepeda dengan gerak sepeda, Siswa dapat menjelaskan alas an makin cepat gerak sepeda, makin terang nyala lampu.

15. Lampu sepeda yang dihidupkan dengan menggunakan dynamo, menyala makin terang ketika sepeda berjalan makin cepat karena ....

A. medan magnet yang timbul makin besar

B. perubahan garis gaya magnet dalam kumparan makin cepat

C. jumlah garis gaya magnet yang memotong kumparan makin besar

D. inti besi pada kumparan memperbesar medan magnet

Pembahasan.

GGL induksi makin besar jika gerak magnet atau perubahan medan magnet padaa kumparan makin singkat. Jadi jika sepeda bergerak makin cepat, putaran dynamo juga makin cepat. Gerakan makin cepat ini menyebabkan perubahan medan magnet makin singkat sehinnga ggl paada dynamo makin besar.

Kunci : B

No comments :

Post a Comment

Tabe' dibutuhkan Komentar yang konstruktif ......;;...