Penelitian tindakan kelas (PTK) berorientasi pada tindakan yang mempunyai dasar untuk dilaksanakan dalam proses pembelajaran atau bimbingan. Tentunya tindakan yang dilaksanakan bertolak dari masalah yang terjadi di lapangan/kelas. Walau penulis belum merakapitulasi data yang terkumpul, tetapi fakta lapangan yang penulis dapat pertanggung jawabkan adalah data tentang MINAT belajar menempati urutan pertama hambatan peserta didik untuk mengeksploitasi kompetensinya, berikutnya adalah MOTIVASI, SIKAP belajar dan selanjutnya adalah faktor eksternal yang lain yang semuanya bermuara pada dampak rendahnya hasil belajarsecara kuantitatif dan kualitatif.
Banyak pendidik yang berusaha untuk memecahkan masalah ini karena hal sangat esensial dan unik pada setiap satuan pendidikan, setiap rombongan belajar, dan setiap angkatan. Beberapa pendidik berusaha secara rutin mengumpulkan data tentang permasalahan pembelajarannya dan mengadakan penelitian terhadap suatu tindakan yang akan dilaksanakannya tetapi tidak sedikit dari calon peneliti tersebut terhambat pada instrumen pengumpulan datanya. Berikut penulis mencoba berbagi dengan rekan-rekan seprofesi tentang salah satu instrumen pengumpulan data MINAT, SIKAP & MOTIVASI Belajar Peserta Didik. Selamat mencoba..........Learning to do...........
Wednesday, April 10, 2013
Subscribe to:
Post Comments
(
Atom
)
No comments :
Post a Comment
Tabe' dibutuhkan Komentar yang konstruktif ......;;...