Rabu, 20 Maret 2013

INDIKATOR SOAL UN-2013 TINGKAT SMP


Teruntuk peserta didik sekalian..dari satuan pendidikan manapun..... Sekarang posisi saya di sini bukan hanya sbg pendidik pada satuan pendidikan SMPN 1 Barru, ttp sbg pendidik bg peserta didik yg mau dan siap dididik.... Pada kesempatan ini saya akan sajikan Indikator Soal UN 2013 untuk jenjang SMP, smoga bermanfaat bg dunia pendidikan...Aamiin. Ikuti instruksi/perintah indikator soal ini, niscaya para siswa skalian akan mendapatkan soal UN_SMP-2013, sederhana...tugas kalian adalah mencari sbanyak-banyaknya contoh soal yg sesuai dengan  instruksi/perintah indikator soal....selamat membuka soal UN|SMP|2013. SUB MATA PELAJARAN BIOLOGI....

INDIKATOR SOAL UN-2013 TINGKAT SMP
SUB MATA PELAJARAN BIOLOGI
10
Mendeskripsikan ciri-ciri dan keanekaragaman makhluk hidup, serta pentingnya pelestarian makhluk hidup dalam kehidupan.
Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
·    Disajikan beberapa gambar aktivitas makhluk hidup, siswa dapat menentukan ciri-ciri makhluk hidup tertentu (Paket-1)
·    Disajikan gambar ciri makhluk hidup, siswa dapat menentukan ciri tersebut dengan benar (Paket-2)
·    Disajikan gambar ciri makhluk hidup, siswa dapat  menentukan ciri tersebut dengan benar (Paket-3)
Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan ciri-cirinya.
·    Disajikan beberapa  nama hewan,  siswa dapat mengidentifikasi ciri pengelompokan pada hewan tinggi (mamalia laut) (Paket-1)
·    Disajikan data ciri makhluk hidup,  siswa dapat mengidentifikasi ciri pengelompokan pada hewan tinggi (Paket-2)
·    Disajikan gambar tumbuhan, siswa dapat mengidentifikasi ciri pengelompokan tumbuhan tinggi/rendah (Paket-3)
11
Mendeskripsikan komponen ekosistem, interaksi antarmakhluk hidup dalam lingkungan, serta peran manusia dalam pengelolaan lingkungan
Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem
·    Disajikan contoh pola interaksi makhluk hidup, siswa dapat menentukan interaksi antarmahluk hidup (simbiosis)
·    Diberikan contoh pola interaksi mahluk hidup,  siswa dapat menentukan interaksi antarmahluk hidup (simbiosis)
·    Disajikan gambar pola interaksi mahluk hidup, siswa dapat menentukan interaksi antar mahluk hidup (simbiosis)
Menjelaskan usaha manusia untuk mengatasi
pencemaran/kerusakan lingkungan
·    Disajikan  kasus pencemaran, siswa dapat menentukan usaha manusia untuk mengatasi pencemaran air (eutropikasi)
·    siswa dapat mengidentifikasi usaha manusia dalam mengatasi pencemaran udara (Reboisasi)
·    siswa dapat mengidentifikasi usaha manusia dalam mengatasi pencemaran tanah (Daur ulang)
Menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan kualitas lingkungan berdasarkan hasil pengamatan/kasus.
·    Disajikan grafik hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan banyaknya sampah, siswa dapat menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi dengan kebutuhan air bersih/udara bersih (dampak),
·    Disajikan grafik siswa dapat menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi dengan kebutuhan pangan;
·    Disajikan grafik siswa dapat menjelaskan pengaruh peningkatan populasi penduduk dengan ketersediaan oksigen di lingkungan.
|12
Menjelaskan sistem organ pada
manusia
Menjelaskan sistem gerak pada manusia dan
penyakit yang berhubungan dengannya
·    Disajikan gambar persendian tertentu, siswa dapat menentukan arahh gerak yang ditimbulkannya;
·    Disajikan gambar tentang kelianan pada susunanan tulang belakang, siswa mampu menjelaskan penyebab terjadinya kelainan tersebut;
·    Disajikan gambar salah satu jenis otot, siswa dapat menentukan fungsi jenis otot tersebut.
Menjelaskan sistem pencernaan manusia dan enzimenzim yang berperan pada proses pencernaan
·    Disajikan gambar sistem pencernaan,  siswa dapat menentukan organ yang menghasilkan enzim dengan fungsi tertentu;
·    siswa dapat menentukan fungsi enzim tertentu dalam proses pencernaan makanan
·    Disajikan tabel pencernaan,  siswa dapat menentukan nama enzim tertentu serta fungsinya.
Menjelaskan sistem pernapasan pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya
·    Disajikan data mekanismen pernapasan,  siswa dapat menentukan mekanisme pernapasan dada/perut;
·    siswa dapat menentukan penyakit yang berhubungan dengan sistem pernapasan;
·    Disajikan gambar penggalan alat pernapasan, siswa dapat menentukan organ tertentu dengan fungsinya.
Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya
·    Disajikan tabel ciri-ciri sel darah siswa dapat membedakan jenis sel darah dengan benar;
·    siswa dapat menentukan contoh penyakit/kelainan sistem peredaran darah
·    Disajikan data, siswa dapat membedakan pembuluh darah (Arteri dan Vena)
Menjelaskan sistem ekskresi dan reproduksi pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya
·    Disajikan gambar penampang membujur ginjal, siswa dapat menyebutkan fungsi bagian yang ditunjuk;
·    siswa dapat menentukan hasil dari salah satu tahapan proses pembentukan urine pada ginjal;
·    siswa dapat menyebutkan salah satu fungsi bagian alat reproduksi pada manusia.
Menjelaskan sistem saraf dan alat indera pada
manusia
·    Disajikan gambar sel saraf, siswa dapat menentukan fungsi bagian yang ditunjuk;
·    siswa dapat menentukan prosedur jalannya rangsangan yang disebabkan oleh jenis gerak tertentu
·    Disajikan salah satu gambar indera, siswa dapat menjelaskan bagian-bagian yang ditunjuk. 

Menjelaskan sistem organ dalam
kehidupan tumbuhan
Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan (organ) pada tumbuhan
·    Disajikan gambar penampang melintang salah satu organ pada tumbuhan, siswa dapat menjelaskan fungsi bagian yang ditunjuk;
·    Disajikan beberapa deskripsi suatu jaringan tumbuhan, siswa dapat menentukan jenis jaringan tersebut;
·    siswa dapat menentukan pembeda antara tumbuhan dikotil dengan monokotil.
Menjelaskan cara beradaptasi (respon) tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar
·    Disajikan gambar jenis tumbuhan tertentu (putri malu/yang bersulur/Leguminaceae), siswa dapat menjelaskan respon tumbuhan akibat pengaruh tertentu;
·    Disajikan beberapa pernyataan/contoh tentang respon tumbuhan akibat lingkungan luar, siswa dapat menentukan pernyataan yang sesuai/benar;
·    siswa dapat menentukan bentuk respon yang yang dilakukan oleh jenis tumbuhan tertentu apabila ada pengaruh dari lingkungan luar.
Menjelaskan proses fotosintesis melalui percobaan-percobaan tentang proses tersebut
·    Disajikan gambar tentang tahapanpercobaan Sach, siswa dapat menjelaskan tujuan dari salah satu tahapan tersebut;
·    siswa dapat menentukan bentuk reaksi kimia fotosintesis dengan benar;
·    Disajikan gambar percobaan Ingenhousz  siswa dapat menjelaskan proses yang terjadi pada percobaan tersebut.

Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan perkembangan, kelangsungan hidup dan pewarisan sifat pada organisme serta kaitannya
dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat
Menjelaskan pertumbuhan dan perkembangan pada mahluk hidup
·    Disajikan beberapa pernyataan tentang ciri pertumbuhan dan perkembanagan, siswa dapat menentukan ciri perkembanagan pada mahluk hidup;
·    siswa dapat memberikan contoh faktor eksternal/internal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan
·    siswa dapat membedakan pertumbuhan primer dan sekunder pada tumbuhan

Memberi contoh adaptasi makhluk hidup dan seleksi alam dalam kelangsungan hidup makhluk hidup
·    Disajikan beberapa contoh adaptasi pada mahluk hidup, siswa dapat menentukan contoh adaptasi tertentu;
·    siswa dapat menjelaskan tujuan dari adaptasi yang dilakukan oleh mahluk hidup tertentu;
·    siswa dapat menyebutkan faktor-faktor yang mendukung seleksi alam.
Menginterpretasi proses persilangan berdasarkan hukum Mendel
·    Disajikan pernyataan/data persilangan monohibrida dominasi penuh, siswa dapat menentukan perbandingan fenotif/genotif F2;
·    Disajikan pernyataan/data persilangan monohibrida intermediet, siswa dapat menentukan jumlah presentase individu berfenotif tertentu pada F2 dari hasil persilangan F1;
·    siswa dapat menentukan perbandingan perbandingan/ persentase genotif/fenotif filial dari hasil persilangan dihibrid dominasi penuh.
Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk
kehidupan manusia
·    siswa dapat memberi contoh salah satu mikroba yang dimanfaatkan dalam produk biotekhnologi konvensional
·    siswa dapat menjelaskan manfaat dari salah satu produk biotekhnolgi modern dalam bidang kesehatan;
·    siswa dapat mmberi contoh jenis mikroba yang dimanfaatkan dalam biotekhnologi dalam bidang pertanian.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar