Rabu, 20 Maret 2013

Indikator Soal Fisika UN-2013

Teruntuk peserta didik sekalian..dari satuan pendidikan manapun.....

Sekarang posisi saya di sini bukan hanya sbg pendidik pada satuan pendidikan SMPN 1 Barru, ttp sbg pendidik bg peserta didik yg mau dan siap dididik....
Pada kesempatan ini saya akan sajikan Indikator Soal UN 2013 untuk jenjang SMP, smoga bermanfaat bg dunia pendidikan...Aamiin.
Ikuti instruksi/perintah indikator soal ini, niscaya para siswa skalian akan mendapatkan soal UN_SMP-2013, sederhana...tugas kalian adalah mencari sbanyak-banyaknya contoh soal yg sesuai dengan  instruksi/perintah indikator soal....selamat membuka soal UN|SMP|2013.
SUB MATA PELAJARAN FISIKA....
INDIKATOR SOAL UN-2013 TINGKAT SMP
SUB MATA PELAJARAN FISIKA
INDIKATOR SOAL UN-2013 TINGKAT SMP
SUB MATA PELAJARAN FISIKA


NO
KOMPETENSI
INDIKATOR
INDIKATOR SOAL
1
2
3
4

Melakukan pengukuran dasar secara
teliti dengan menggunakan alat ukur
yang sesuai dan sering digunakan
dalam kehidupan sehari-hari.
Menentukan besaran pokok, besaran turunan dan satuannya atau penggunaan alat ukur dalam  kehidupan sehari-hari.
·    Disajikan  tabel, siswa PD mampu menentukan besaran turunan satuan SI dan alat ukurnya.



·    disajikan  gambar pengukuran suhu dengan dua termometer yang berbeda, pd dapat menghitung suhu pada salah satu Termometer jika skala suhu lainnya diketahui;



·    Disajikan  gambar alat ukur (mistar, neraca, stopwatch, gelas ukur, Termometer), PD dapat membaca hasil pengukuran yang ditunjukkan gambar terasebut.
2
Menerapkan konsep zat dan kalor
serta kegunaannya dalam kehidupan
sehari-hari.
Menentukan  sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya atau penerapan  dalam kehidupan sehari-hari.
·    Disajikan  gambar dan tabel, PD dapat menentukan sifat-sifat wujud suatu zat.
Menentukan konversi suhu pada termometer.
·    Disajikan  gambar, PD dapat menentukan massa jenis terbesar atau terkecil jika beberapa zat cair berada pada satu wadah

·    Disajikan  gambar beberapa logam yang beasarnya sama tetapi massanya berbeda, PD mampu menentukan jenis masing-masing logam berdasarkan perhitungan dan tabel berbagai massa jenis benda.
Menelaskan pengaruh suhu terhadap pemuaian zat yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari
·    Disajikan  gambar, PD dapat memberikan contoh masalah pemuaian yang terjadi disekitar kehidupan sehari-hari, dan memberikan alasannya.
·    \

·    Disajikan  gambar, PD dapat memberikan contoh pemanfaatan pemuaian dalam kehidupan sehari-hari.

·    Disajikan  gambar, PD dapat menjelaskan peristiwa sehari-hari berkaitan dengan pemuaian.
Menentukan besaran kalor dalam proses perubahan suhu atau penerapan perubahan wujud zat dalam  kehidupan sehari-hari.
·    PD dapat menentukan kenaikan suhu dan suhu akhir suatu campuran



·    PD dapat menentukan jumlah kalor yang diperlukan oleh benda pada proses tertentu jika parameter lain diketahui kalor jenis dan massa benda diketahui atau kalor jenis suatu zat.



·    PD dapat menyebutkan contoh pemanfaatan perubahan wujud dalam kehidupan sehari-hari.

Mendeskripsikan dasar-dasar mekanika (gerak, gaya, usaha, dan energi) serta penerapan konsep tekanan dalam kehidupan sehari-hari
Menentukan jenis gerak lurus atau penerapan hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari.
·    PD dapat memberikan contoh penerapan hukum II Newton, atau hukum III Newton
·    PD dapat memberikan contoh penerapan hukum I Newton, atau hukum III Newton
·    Menentukan jenis gerak (gambar, grafik atau pernyataan)

Menentukan besaran fisis pada usaha atau energi pada kondisi tertentu
·    PD dapat menentukan energi kinetik benda jika massa dan kecepatan benda diketahui.
·    PD dapat menentukan energi potensial gravitasi jika massa dan ketinggian benda tersebut diketahui.
·    PD dapat menghitung besarnya usaha pada benda yang diangkat vertikal ke atas atau menentukan besar dan arah gerak benda jika benda tersebut dikenai gaya atau disajika beberapa gambar beberapa gaya yang bekerja pada benda dan jarak perpindahannya, PD dapat menentukan usaha terhadap benda.
Menentukan penerapan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
·    Disajikan  gambar beebrapa alat pesawat sederhana, PD mampu memberikan contoh alat pesawat sederhana lain yang sejenis.
·    Disajikan  gambar beebrapa alat pesawat sederhana, PD dapat menetukan gaya paling besar atau gaya paling kecil untuk menahan benda  yang berada pada bidang miring.
·    PD mampu menjelaskan prinsip kerja salah satu alat pesawat sederhana yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Menentukan besaran fisis yang terkait dengan
tekanan pada suatu zat.
·    Disajikan  gambar beberapa alat pesawat sederhana, PD dapat menentukan besarnya salah satu variabel pada hukun Pascal
·    PD dapat menentukan gaya ke atas jika benda berada dalam zat cair jika besaran lain diketahui
·    Disajikan  gambar dua bejana berhubungan yang berisi zat cair yang berbeda, PD dapat menentukan besarnya tekanan zat cair pada dasar masing-masing bejana.

Memahami konsep-konsep dan
penerapan, getaran, gelombang,
bunyi, dan optik dalam produk
teknologi sehari-hari.
Menentukan besaran fisis pada getaran atau
gelombang
·    Disajikan  gambar ayunan atau pegas yang ditentukan data-datanya, PD dapat menentukan frekuensi dan amplitudo atau period dan amplitudo.



·    Disajikan  grafik gelombang,  PD dapat menentukan nilai dari salah satu besaran gelombang.



·    Disajikan  gambar gelombang tranversal dengan data-datanya, PD dapat menentukan amplitudo, period dan panjang gelombang.


Menjelaskan sifat bunyi atau penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
·    Disajikan  gambar, PD mampu menentukan bandul yang ikut berayun jika bandul yang lain diayunkan.



·    Disajikan  stimulus atau gambar berupa periostiwa yang berkaitan dengan perambatan bunyi,  PD dapat menjelaskan gejala yang terjadi.



·    Disajikan  beberapa peristiwa sehari-hari atau pernyataan yang berkaitan dengan terjadinya bunyi, PD dapat menjelaskan gejala pada peristiwa tsb yang berkaitan dengan syarat terdengarnya bunyi oleh manusia.


Menentukan sifat cahaya, besaran-besaran yang berhubungan dengan cermin/lensa atau penerapan alat optik dalam kehidupan sehari-hari
·    Disajikan  gambar benda dan bayangannya pada lensa cembung, Siswa dapat menentukan jarak fokus lensa jika jarak benda dan bayangnnya diketahui..



·    Disajikan  gambar benda di depan cermin cekung yang jarak fokus dan jarak bendanya diketahui, siswa dapat menentukan pembesaran dan sifat bayangnn..



·    Siswa dapat menentukan sifat bayangan pada alat optik tertentu.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar