Minggu, 22 Agustus 2010

RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN

Sebenarnya Rencana Program Pembelajaran jika didiskusikan dengan rekan tim dalam forum Lesson Study penulis lebih senang menyebutnya SKENARIO PEMBELAJARAN, tentunya penulis mempunyai dasar yaitu:

1. Perangkat yang disusun dalam forum adalah teks yang akan diperankan oleh pemeran (guru dan siswa) hal ini seiring dengan fungsi scenario dengan pemeran (sinetron misalnya)

2. Guru (dan kolbaor-tim pada forum lesson study) menyusun sesuatu yang harus dilaksanakan lengkap dengan alat yang dibutuhkan, waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan. Hal ini sesuai dengan scenario film yang ingin agar tujuan penulis scenario sampai pada penonton, menyampaikan pesan/maksud ini membutuhkan suatu peristiwa dalam hal pengalaman belajar pada siswa.

3. Guru harus mengetahui betul tujuan yang ingin dicapai pada proses ini, istilahnya guru sudah harus sampai pada tujuan terlebih dahulu sebelum memerankan segala strateginya pada hari/waktu H. Bukankah ini merupakan scenario?

4. Guru yang tergabung dalam forum Lesson study berplanning dengan berorientasi pada tujuan pembelajaran. "apa yang harus dilakukan, alat pembelajaran apa yang harus dilibatkan, dan bagaimana langkah-langkah pembelajaran agar tujuan ini tercapai??? Tentunya disusunlah suatu scenario.

5. masih banyak lagi yang mendasari tetapi focus tulisan ini adalah ingin menampilkan salah satu contoh RPP (berdasarkan PP No.19 dan Permen No.41 tentang perangkat belajar ini sebutannya adalah RPP).

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Sekolah : SMP NEG. 1 BARRU

Kelas : VIII (Delapan)

Mata Pelajaran : IPA BIOLOGI

Waktu : 2 X 40 menit

Standar Kompetensi;

2. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.

Kompetensi Dasar;

2.3. Mendeskripsikan sistem pernapasan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.

Indikator:

  1. Menuliskan urutan organ penyusun sistem pernapasan pada manusia.
  2. Membandingkan udara inspirasi dan ekspirasi pada proses pernapasan.

A. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat:

  1. Menjelaskan pengertian pernapasan (respirasi).
  2. Menyebutkan alat-alat pernapasan pada manusia.
  3. Mengidentifikasi jenis gas yang dihembuskan pada proses ekspirasi

B. Materi Pembelajaran

Sistem Pernapasan (terlampir)

C. Metode Pembelajaran

1. Model : - Cooperative Learning type Team Assisted Individuality (TAI)

2. Metode : - Diskusi kelompok

- Eksperimen

- Observasi

- Ceramah

D. Langkah-langkah Kegiatan

PERTEMUAN PERTAMA

a. Kegiatan Pendahuluan

  • Apersepsi dan Motivasi:

    - sistem gerak, system pencernaan dan kegunaan zat makanan.

    - Apa yang suasana jika kita berada di ruangan yang terbatas dan tertutup?

    - Apa yang kita keluarkan sewaktu bernapas?

  • Prasyarat pengetahuan:

    - Gas yang dihirup pada saat bernapas?

  • Pra eksperimen:

    - Berhati-hatilah menggunakan alat dan bahan praktikum.

b. Kegiatan Inti

  • Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
  • Guru menjelaskan model pembelajaran TAI, siswa mencatat langkah-langkah yang perlu.
  • Masing-masing siswa menentukan assistennya.
  • Anggota kelompok yang bertindak sebagai assiten duduk di depan rekannya untuk membimbing anggota kelompoknya
  • Semua kelompok mengadakan pembuktian udara pernapasan sesuai LKS
  • Siswa belajar dan bekerja kelompok dengan dibantu oleh siswa pandai/ assisten, saling tukar jawaban, saling berbagi sehingga terjadi diskusi,
  • Setelah semua assisten selesai membimbing kelompoknya, masing-masing membuat rangkuman dibimbing guru.

c. Kegiatan Penutup

  • Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
  • Siswa mengerjakan soal sebanyak materi pokok atau tujuan pembelajaran.
  • Guru memberikan tugas rumah berupa persiapan materi berikut.

E. Sumber Belajar

a. Buku IPA Biologi Jl.2 (Esis) halaman 99-118 dan penuntun belajar 1- 8

b. Chart/video sistem pernapasan

c. Alat dan bahan praktikum sesuai LKS (LKS terlampir)

F. Penilaian Hasil Belajar

a. Teknik Penilaian:

- Tes tertulis

- Observasi

- Penugasan

b. Bentuk Penilaian:

- Tes uraian

- Lembar observasi (terlampir)

- Tugas rumah (TT)

c. Instrumen Penilaian:

1. Alat pernapasan manusia tediri dari beberapa organ pernapasan. Tuliskan secara berurut 6 (enam) alat pernapasan pada manusia!

2. Udara yang dihembuskan dapat didetksi jenis gasnya.

a. Tuliskan 4 alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuktikannya

b. Tuliskan 4 langkah kerja dalam kegiatan tersebut

c. Tuliskan hasil pengamatanmu

d. Jelaskan kesimpulan hasil kegiatan tersebut!

- Tugas rumah

Buatlah sebuah artikel mading berwarna tentang flu burung dengan 3 orang teman kalian. Jelaskan selengkap-lengkapnya tentang penyakit tersebut, mulai:

- sejarah flu burung - apa penyebabnya

- gejalanya

- cara mengatasinya

Kalian dapat membuat artikel tersebut dalam poster berukuran 50 cm x 40 cm kemudian disajikan semenarik mungkin. Kalian dapat mempresentasikan artikel tersebut kemudian menempelnya di mading kelas atau mading sekolah.

.......................................................................Barru, 17 Januari 2010.

Mengetahui

Kepala SMP Negeri 1 Barru .................Guru IPA Biologi



Amirullah Abdullah, S.Pd......................Abdul Zakaria, S.Pd.

NIP. 19520414 197603 1 009..............NIP.19710315 199412 1 002


Lampiran 1......LKS

SISTEM PERNAPASAN

MATA PELAJARAN : IPA

SEMESTER : GENAP

STANDAR KOMPETENSI : 2.
Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia

KOMPETENSI DASAR : 2.3 Mendeskripsikan sistem pernapasan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.

INDIKATOR : - 2.3 Mendeskripsikan sistem pernapasan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.

TUJUAN PEMBELAJARAN: - Membuktikan udara yang dihembuskan pada ekspirasi

Pernapasan; perombakan sari-sari makanan oleh oksigen untuk mendapatkan energy. Alat pernapasan ini berbeda pada berbagai tingkatan mahluk hidup. Udara pernapasan inspirasi dan ekspirasi presentasenya berbeda.

Alat/Bahan

Alat : - gelas air mineral 2 buah

- pipet 2 buah

- botol semprot (atau sejenisnya)

- cermin

Bahan: - serbuk kapur secukupnya

- Air secukupya

  1. Cara Kerja 1 :
    1. Larutkan serbuk kapur 2 jam sebelum dibutuhkan.
    2. Pisahkan air kapur yang sudah bening dengan endapannya.
    3. Isilah masing-masing gelas A dan B dengan air kapur bening
    4. Gelas A tiup dengan udara pernapasan dan gelas B dihembuskan udara dari botol
    5. Amati perubahan pada masing-masing air pada gelas A dan B.

    Cara Kerja 2 :

    1. Hembuskan udara pernapasanmu pada cermin
    2. Amati perubahan yang terjadi pada cermin.
  2. Hasil Pengamatan:

  1. Kesimpulan :

    1. Bagaiamana keadaan air sebelum dihembuskan udara pada masing-masing gelas?.....................

    2. Bagaimana keadaan air setelah dihembuskan udara pada masing-masing gelas? .................................

    3. Bagaimana keadaan cermin setelah dihembuskan udara pernapasan.......................... .................................

  2. Penilaian :
    1. a. Adakah perbedaan keadaan air antara gelas A dan B setelah dihembuskan udara?

      b. Jelaskan mengapa terjadi keadaan tersebut!

      2. a. Adakah perubahan pada cermin setelah dihembuskan udara pernapasan?..............................

      b. Jelaskan! ...............................


Lampiran 2 .............LO

OBSERVASI UNJUK KERJA SISWA KELAS VIII.5

HARI/TANGGAL : Rabu/ 20 Januari 2010

Kompetensi Dasar : 2.3 Mendeskripsikan sistem pernapasan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan

Tujuan Pembelajaran : - Membuktikan udara yang dihembuskan pada ekspirasi

NILAI KELOMPOK


Lampiran 3.......Pedoman Penskoran

PEDOMAN PENSKORAN RPP SISTEM GERAK

KELAS / SEMESTER : VIII / 2

TOPIK/MATERI : Udara Pernapasan


NO. SOAL

SOAL/ KUNCI

SKOR

1.

Tuliskan secara berurut 6 (enam) alat pernapasan pada manusia!

Kunci :

- Hidung

- Pangkal tenggorok

- Batang tenggorok

- Cabang batang tenggorok

- Anak cabang batang tenggorok

- Paru-paru

Berurut……………………



1

1

1

1

1

1

+2


JUMLAH SKOR Max.

8


2.

Udara yang dihembuskan dapat didetksi jenis gasnya.

a. Tuliskan 4 alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuktikannya

b. Tuliskan 4 langkah kerja dalam kegiatan tersebut

c. Tuliskan hasil pengamatanmu

d. Jelaskan kesimpulan hasil kegiatan tersebut!

Kunci :

a. Alat/bahan

  1. Gelas air mineral
  2. Pipet
  3. Serbuk kapur
  4. Botol semprot
  5. Air

b. langkah kerja

  1. Larutkan serbuk kapur 2 jam sebelum dibutuhkan.
  2. Pisahkan air kapur yang sudah bening dengan endapannya.
  3. Isilah masing-masing gelas A dan B dengan air kapur bening
  4. Gelas A tiup dengan udara pernapasan dan gelas B dihembuskan udara dari botol
  5. Amati perubahan pada masing-masing air pada gelas A dan B.

c. Hasil pengamatan

- Botol A Keruh, Botol B teta bening

d. Kesimpula

- Air pada botol A keruh karena adanya gas CO2 dari dalam tubuh dan Air pada botol B tetap bening karena tidak ada gas CO2 dari dalam botol semprot.





1

1

1

1


1

1

1


1


2


2


JUMLAH

12

................................................Barru, 17 Februari 2009
................................................Guru mata Pelajaran






.................................................Abdul Zakaria, S.Pd.
.................................................NIP. 19710315 199412 1 002

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar