Jumat, 30 April 2010

Penelitian Tindakan Kelas

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang di dunia ilmiah dikenal dengan nama Class Action Research (CAR) semakin menjadi primadona sekaligus sebagai tantangan bagi guru-guru yang merasa tertantang untuk mengembangkan keprofesionalannya dalam membelajarkan siswanya. Di sisi lain CAR ini begitu menantang untuk dikenal lebih dalam, prosfeknya begitu menggoda untuk dikerjakan (tapi jangan sampai dikerjai.....) selanjutnya terserah anda....Learning to do.

Abstrak : ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris antara 200 – 300 kata.


  • Bagian awal
    • Halaman judul
      • Judul singkat, jelas, relevan dengan isi tulisan, dan diketik dengan huruf kapital biasanya tidak lebih dari 13 kata, tetapi demi kejelasan dan kekhususan dapat juga lebih dari itu.
      • Nama penulis.
      • Kedudukan guru yang menyatakan keberadaannya pada satuan pendidikan TK/SD/SMP/SMA/ SMK/SLB dan mata pelajaran atau bimbingan dan konseling yang menjadi bidang tugasnya.
      • Tahun penulisan.
    • Halaman pengesahan/persetujuan kepala sekolah
      Lembaran tersebut menyatakan pengesahan atau persetujuan kepala sekolah dengan bukti tanda tangan, nama, NIP/NIGB/NIY (kalau ada) dan stempel sekolah yang bersangkutan. Pada lembar pengesahan ini biasanya bertanda tangan sesuai peruntukan PTK. Jika untuk berkas portofolio maka yang bertanda tangan adalah Penulis, disahkan kepala sekolah dan diketahui oleh kepala dinas.
    • Kata Pengantar; mengutarakan ruang lingkup fenomena keseharian penulis, uccapan terima kasih kepada koolabor, keluarga (enaknya sih sebutkan namanya)
    • Daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, dan daftar lampiran bila ada
    • Abstraksi; meliputi judul, masalah, metode, hasil, dan kesimpulan hasil penelitian.
  • Bagian inti pembahasan
    • Pendahuluan
      Pendahuluan berisi atau mengungkapkan antara lain hal-hal sebagai berikut :
      • Latar belakang
        • Mendeskripsikan background masalah dan urgential masalah tersebut harus segera diatasi
        • Menggambarkan bahwa topik atau fokus permasalahan menarik dan relevan dengan upaya peningkatan mutu pembelajaran/ bimbingan dan konseling.
        • Menunjukkan bahwa topik atau fokus permasalahan tersebut bersifat spesifik, asli, dan belum pernah disajikan secara tertulis sebagai karya lomba keberhasilan pembelajaran/ bimbingan dan konseling.
      • Rumusan masalah atau pertanyaan penelitian, kajian, atau evaluasi yang menggambarkan ruang lingkup atau pembatasan kegiatan pembelajaran/ bimbingan yang dilakukan sesuai dengan topik atau fokus permasalahan.
      • Tujuan Baiasanya tujuan relevan dengan rumusan masalah
      • Manfaat penelitian ditujukan manfaat pada; siswa, guru, kepala sekolah, sekolah, dan kalau perlu manfaat yang diharapkan pada dinas pendidikan.
      • Definisi konsep, definisi operasional, dan/atau kajian teoritis yang relevan.
    • Metodologi penelitian atau prosedur pembelajaran.
      • Metode penelitian atau prosedur pembelajaran/ bimbingan. Jelaskan secara rinci prosedur penelitian, penelitian tindakan kelas, kajian, atau evaluasi pembelajaran/bimbingan yang dilakukan.
      • Subjek penelitian, kajian, atau evaluasi. Jelaskan secara rinci pada kelas berapa kegiatan pembelajaran/bimbingan dilakukan, berapa banyak dan bagaimana karakteristik siswanya.
      • Teknik pengumpulan data. Jelaskan teknik pengumpulan data, seperti dengan tes, observasi, data sekunder, dan sebagainya.
      • Validasi instrumen penelitian, kajian, atau evaluasi. Jelaskan bagaimana instrumen itu divalidasi, seperti uji validitas, validasi sejawat, atau menggunakan instrumen yang terstandar.
      • Teknik analisis data. Jelaskan teknik analisis data, baik kuantitatif maupun kualitatif.
    • Laporan hasil penelitian atau kegiatan pembelajaran
      • Hasil penelitian kegiatan pembelajaran
      • Analisis hasil penelitian kegiatan pembelajaran
    • Kesimpulan dan saran-saran
      • Kesimpulan utama yang dapat diambil dari kegiatan pembelajaran/bimbingan
      • Saran-saran yang ditujukan baik kepada teman sejawat, pengelola pendidikan atau berbagai pihak lain yang relevan.
  • Bagian Akhir
    • Daftar pustaka
    • Lampiran data-data yang diperlukan untuk menunjang kebenaran laporan kegiatan, misalnya: data hasil belajar, instrumen pengukuran yang digunakan program pembelajaran atau proses bimbingan dan konseling dan lain-lain.
    • Setiap karya tulis ilmiah supaya dilampirkan biodata peserta yang disahkan oleh kepala sekolah.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar