Tulisan ini berangkat dari lubuk hatiku yang menjawab berbagai pertanyaan tentang bagaimana proposal dan prosedur-prosedurnya hingga keluar surat izin pengambilan data di lapangan..
Saya sebagai Mahasiswa Program studi Administrasi Pendidikan Kekhususan Manajemen Pendidikan, tentunya background tulisan ini sangat diwarnai oleh prosedur pada Prodi saya..Namun demikian prosedur ini berlaku juga pada prodi yang lain pada PPs UNM
Berikut beberapa langkah-langkah prosedur yang sempat penulis ingat selama perjalanan Proposal hingga selesai dalam tiga seri tulisan…
Seri 1
Proposal
1. Biasanya Ketua Program Studi/kekhususan melalui ketua tingkat menganjurkan para mahasiswa untuk mendaftarkan 1-3 permasalaha yang akan diteliti (biasanya mahasiswa semester III).
2. salah satu dari 3 permasalahan tadi akan menjadi bakal permasalahan penelitian, tapi harus diingat bahwa sampai step ini anda baru sampai pada kata ‘bakal’. Step ini ditandai dengan keluarnya ‘LEMBAR KESEDIAAN MENJADI PEMBIMBING’ untuk ditandatangani oleh pembimbing I dan pembimbing II dari Prodi.
3. Segerahlah hubungi kedua calon pembimbing Anda untuk minta kesediaannya menjadi pembimbing dengan bertanda tangan pada ‘LEMBAR KESEDIAAN MENJADI PEMBIMBING’.
Catatan:
Pada saat hendak menghubungi kedua calon pembimbing Anda, baiknya sudah cukup siap untuk emgutarakan segala penguatan-penguatan/alas an/latar belakang permasalahan Anda, hingga rencana metode penelitian Anda.
4. Jika sudah beres ‘LEMBAR KESEDIAAN MENJADI PEMBIMBING’, buatlah draft proposal anda dengan memperhatikan panduan penulisan Proposal/Tesis termasuk lembar pengesahan proposalnya (Buku Panduan dibagikan secara gratis pada bagian loket Akademik PPs UNM).
5. Perlihatkan draft proposal dan rutinlah selalu untuk berkonsultasi tentang proposal Anda hingga lembar pengesahannya di tandatangani (ttd) oleh kedua pembimbing, sekarang draft proposal sudah menjadi proposal…(Asyiiik)
6. langkah selanjutnya adalah mengetahui ketua Prodi (ttd)
7. Sampai step ini, siapkan berkas berikut:
a. sertifikat Matrikulasi
b. sertifikat TOEFL
c. sertifikat Internet
d. sertifikat Office
e. Resi Pembayaran SPP (semua)
f. Siapkan blanko nilai yang sudah ditempuh
g. Keterangan dari Pengeditan penulisan proposal
h. proposal
8. Jika berkas di atas lengkap, berarti Anda siap lapor pada petugas Loket Akademik bahwa Anda mau mendaftar seminar proposal,
9. petugas di loket akan meminta semua berkas tadi kemudian memberi paraf pada blanko yang tersedia,
10. bawalah blanko ini pada Asdir II untuk paraf dan selanjutnya diketahui oleh Asdir I
11. Balnko yang sudah diparaf oleh petugas loket, Asdir II, dan sudah ditandatangani oleh Asdir I, dibawa ke Prodi untuk mendapatkan Jadwal seminar (ingat semua berkas yang 8 macam harus masuk ke Prodi)
12. Jadwal seminar akan ditulis oleh ketua Prodi pada blanko tadi, tetapi hanya ‘Hari/Tgl dan Waktu’, lengkap dengan NAMA-NAMA PENGUJI (untuk urusan Ruangan ditentukan di bagian loket Akademik),
13. Bawalah blanko ini pada petugas di loket Akademik untuk penentuan ruangan dan sekaligus dibuatkan undangan sebanyak 5 rangkap (untuk masing penguji dan pembimbing + arsip),
14. segerahlah bawa undangan untuk ditandatangani oleh Asdir I, jika sudah selesai kembali ke loket Akademik untuk disate…………….(disate….mpel),
15. Foto copy-foto copy…yaitu foto copy undangan untuk undang rekan (ingat, minimal 10 orang rekan mengahdiri seminar anda, makanya rajinlah hadiri seminar rekan anda), gandakan proposal anda sebanyak 4 rangkap (Asli tetap ditangan Anda).
16. Bawakan proposal+undangan pada yang ditujukan pada undangan minimal 4 hari sebelum seminar (bisa nego)
17. Ingat konsumsi…..jika tidak ingin repot, minta bantuan pada petugas diloket Akademik untuk disiapkan konsumsi seminarnya….hmmm
18. Jangan lupa…………….undang penulis,
BERSAMBUNG……Tesis dan Prosedurnya!!
No comments :
Post a Comment
Tabe' dibutuhkan Komentar yang konstruktif ......;;...