Wednesday, January 30, 2019

BAHAN AJAR FILE BUKU GURU DAN BUKU SISWA KELAS 9 REVISI


Haloo Sogheb Nusantara....kembali kita bersua maya untuk mengangkat topik hangat sehangat kopi yang siap disrupuutt....ahhhh!!
Untuk saat ini saya ingin berbagi dengan sogheb Nusantraku berupa bahan ajar sesuai banyaknya colekan dan permintaan via berbagai jaringan media sosial. 
Pada suatu momen informal saya dan pk Wono seorang guru dari pendidikan Dasar (SD dan SMP) dan pk Jean dari jenjang Sekolah Menengah. Dalam perbincangan ringan tersebut terungkap bahwa di sudut-sudut sana-sini rekan guru kita masih terhambat membelajarkan peserta didiknya karena kekurangan buku....ternyata buku masih merupakan ‘kitab suci’ pembelajaran bagi sebagian sekolah dalam hal ini guru. Lebih parahnya lagi, tidak ada buku pembelajaran yang sesuai kurikulum tidak terlaksana.
Solusi tercepat dan sederhana walau aromanya tidak kreatif adalah adakan buku...beresss. Ya! Bereesss? ternyata diucapkan tidak selancarkan untuk dilaksanakan. Pengadaan buku harus memperhatikan RAKS, mengenai ada/tidak...dan jika ada, jumlahnya cukup apa tidak...selanjutnya pesan, tunggu kiriman, selanjutnya pertanggungjawabkan. Jika memang demikian prosesnya berarti bukan solusi sederhana yach? Jawabannya tergantung....
Solusi alternatif adalah libatkan peserta didik untuk foto copy perbab/KD sesuai yang diajarkan...simpelll khan?. Penulis sudah pernah lakukan sebagai rangkaian dari pengamatan indikator karakter Mandiri pada saat mengadakan PTK dan ternyata peserta didik antusias untuk mengadakan dan hasilnya positif.
Solusi alternatif dan kreatif adalah.... adalah kombinasi kedua solusi di atas; yaitu 
1. Guru membuat bahan ajar dari berbagai sumber,
2. Hasil kreatifitas guru berupa bahan ajar tersebut digandakan oleh peserta didik atau pihak sekolah.
3. File bahan ajar tersebut dapat diupdate sesuai dengan perkembangan bahan ajar dari guru tersebut.

Baiklah sogheb nusantara...penulis hanya bisa membantu dalam penyediaan salah satu sumber untuk menyusun bahan ajar sogheb sekalian.
Perlu sogheb maklumi bahwa saya tidak dalam kapasitas menggurui....kembali lagi dalam sapaan saya SOGHEB (SOBAT GURU HEBAT)...ANDA SE NUSANTARA DALAM DUMAY INI ADALAH SOGHEB SAYA. BUKA AUDIENS APALAGI PESERTA DIDIK SAYA....olehnya itu dapat dimaklumi jika yang saya posting hanya berupa ajakan, share pengalaman sebagai rekomendasi untuk sogheb diskusikan dan berbuat lebih jauh....


Klik Gbr Buku Guru IPA Kelas IX untuk download 


Klik Gbr Buku Siswa IPA Kelas IX Semester 2 untuk download


Klik Gbr Buku Guru IPA Kelas VIII untuk download


Klik Gbr Buku Siswa IPA Kelas VIII Semester 2 untuk download


Klik Gbr Buku Guru IPA Kelas VII untuk download


Klik Gbr Buku Siswa IPA Kelas VII Semester 2 untuk download

No comments :

Post a Comment

Tabe' dibutuhkan Komentar yang konstruktif ......;;...