Kali ini saya tetap mencoba mengangkat tema Pendampingan Kurikulum 2013 tahun 2018. Fokus tulisan ini adalah mencoba mencerna sistematika pelaporan Instruktur Kabupaten Kur-13. Berhubung tidak template dan contoh, tidak diarahkan, tidak dilatih, maka sobatmu ini mencoba membuat sesuatu untuk diutak-atik.
Tentunya kita menyadari bahwa jika tidak sesuatu, maka tidak dapat dikatakan SALAH atau SUDAH BENAR...jika ada yang contoh yang masih kurang maka sudah dapat kita bergerak untuk memperbaikinya. Yuk kita berbuat....biarkan kebenaran muncul dari tumpukan kesalahan...
LAPORAN
PENDAMPINGAN ON SERVICE
IMPLEMENTASI
KURIKULUM 2013 TAHUN 2018
ABDUL
ZAKARIA, S.Pd., M.Pd.
NIP
197103151994121002
INSTRUKTUR
KABUPATEN KURIKULUM 2013 JENJANG SMP
MATA PELAJARAN IPA
PEMERINTAH
KABUPATEN BARRU
DINAS
PENDIDIKAN
TAHUN
2018
LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN PENDAMPINGAN ON
SERVIS
IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013
TAHUN 2018
Abdul Zakaria, S.Pd., M.Pd.
NIP 197103151994121002
INSTRUKTUR KABUPATEN
KURIKULUM 2013 JENJANG SMP
MATA PELAJARAN IPA
Disahkan Oleh:
Kepala Dinas pendidikan
Kabupaten Barru
|
|
|
|
|
|
|
|
Dr. Ir. ABUSTAN, M.Si.
NIP 196811041994031004
|
|
|
I. PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Pelaksanaan pendampingan implementasi Kurikulum 2013 untuk
tahun 2018 sudah memasuki periode keenam. Berbagai perkembangan dan revisi-revisi
tekhnis pelaksanaan sudah mewarnai kegiatan ini. Untuk dua tahun terakhir ini,
tidak ada lagi bimbingan tekhnis pendampingan. Para instruktur kabupaten hanya
dibekali penyegaran tentang kurikulum, integrasi pendidikan karakter (PPK),
integrasi literasi, keterampilan abad 21 (4C), soal HOTS tanpa adanya
pembimbingan tekhnis (Bimtek) pendampingan guru sasaran sebagaimana tahun
2014-2016.
Pelaksanaan pelatihan dan pendampingan bagi guru
dilakukan oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) bekerja sama dengan Instruktur
Kabupaten/Kota. Sasaran pelatihan implementasi kurikulum jenjang SMP di
Kabupaten Barru sebanyak 11 sekolah yang terdiri dari 3 sekolah swasta dan 8
sekolah negeri dengan ciri khas sekolah SATAP (satu atap dengan sekolah SD
penopangnya).
Berdasarkan surat pemanggilan peserta in servis jenjang SMP nomor
420/207.2/DISDIK/2018 tertanggal 26 September 2018 bahwa khusus mata pelajaran
IPA hanya ada 10 sekolah yang diundang untuk mengikuti in servis dan berefek pada penyusunan jadwal on untuk 10 guru dan
sekolah sasaran. Pelaksanaan in servis
untuk Kabupaten Barru terbagi pada dua klaster yaitu klaster 1 SMPN 5 Tanete
Rilau dan klaster 2 SMPN SATAP 4 Soppeng
Riaja. Penamaan klaster 1 dan 2 hanya merupakan kesepakatan para instruktur
kabupaten. In servis pada klaster 1
SMPN 5 Tanete Rilau dilaksanakan pada tanggal 2 Oktober 2018 dan dibuka
langsung oleh kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Barru.
Mata pelajaran yang mengadakan in servis pada tanggal 2 Oktober 2018 di klaster 1 SMPN 5 Tanete
Rilau adalah PAI & BP, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA dan Seni
Budaya. Sekolah dan guru-guru sasaran yang menjadi peserta pada in servis klaster 1 adalah: SMP DDI
Mangkoso, SMP Muh. K. Baru, SMP Muh. Takkalasi, SMPN 5 T. Rilau, SMP 6 TANETE
RIAJA, SMP Negeri Satap 4 Balusu, SMP Negeri SATAP 4 Barru, SMP Negeri SATAP 4 Pujananting,
SMP SATAP 4 Soppeng Riaja, SMP SATAP 7 Tanete Riaja, SMPN 8 Harapan Barru. On servis disepakati mulai hari Sabtu
tanggal 6 Oktober sampai dengan 20 Oktober 2018.
B. LANDASAN HUKUM
1. Peraturan
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar
Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah;
2. Peraturan
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi
Pendidikan Dasar dan Menengah;
3. Peraturan
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 61 Tahun 2014 tentang Kurikulum Tingkat
Satuan Pendidikan Pada Pendidikan Dasar dan Menengah;
4. Peraturan
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 63 Tahun 2014 tentang Pendidikan
Kepramukaan Sebagai Ekstrakurikuler Pada Pendidikan Dasar dan Menengah;
5. Peraturan
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran
Pada Pendidikan Dasar dan Menengah;
6. Peraturan
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 53 Tahun 2015 tentang Penilaian oleh
pendidik dan satuan pendidikan Pada Pendidikan Dasar dan Menengah;
7. Panduan
penilaian oleh pendidik dan satuan pendidikan tahun 2017
8. Surat
Keputusan Kepala LPMP Sulawesi Selatan No.3813/D7.24/LL/2018 tanggal 28 Juli
2018 Tentang Penetapan penanggungjawab, Nara sumber, Fasilitator, Pendamping,,
Panitia, dan Peserta IN Implementasi Kurikulum 2013 tingkat Provinsi Sulawesi
Selatan tahun 2018.
9. Surat
keputusan Kepala Dinas Pendidikan Pendidikan Kabupaten Barru No. 420/1228.1/DISDIK/2018
tentang Pembentukan dan Penunjukan Instruktur Kabupaten Implementasi Kurikulum
2013 SMP Kabupaten Barru.
10. Surat
Pemanggilan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten barru No. 420/207.2/DISDIK/2018
tertanggal 26 September 2018 tentang Pemanggilan Peserta In Servis Tingkat SMP
tahun 2018.
C. TUJUAN PENDAMPINGAN ON SERVIS
Pendampingan
on servis Implementasi Kurikulum SMP ini bertujuan untuk:
1. Mendeskripsikan
dan memberi umpan balik RPP guru sasaran;
2. Mendeskripsikan
dan memberi umpan balik Instrumen penilaian guru sasaran;
3. Membimbing
dalam pengolahan nilai;
4. Membimbing
dalam menuliskan pencapaian peserta didik dalam rapor;
D. MANFAAT PENDAMPINGAN
Manfaat
pendampingan on servis Implementasi Kurikulum SMP ini agar:
1. Guru
sasaran mendapatkan umpan balik hasil refleksi pembuatan RPP terintegrasi PPK,
memiliki keterampilan 4C dan dapat membuat instrumen penilaian;
2. Guru
sasaran mendapatkan umpan balik hasil refleksi pelaksanaan pembelajaran dan penilaian
pembelajaran
3. Guru
sasaran mendapatkan umpan balik hasil refleksi pengolahan nilai;
4. Guru
sasaran mendapatkan umpan balik hasil refleksi pendeskripsian pencapaian hasil
belajar peserta didik;
II. PEMBAHASAN
Pendampingan on servis
pada guru mata pelajaran IPA di Kabupaten Barru dimulai tanggal 6 dan berakhir
tanggal 20 Oktober 2018 pada 10 sekolah sasaran yaitu:
1.
SMPN SATAP 4 Pujananting
SMP Negeri SATAP 4
Pujananting yang didampingi pada hari/tanggal Sabtu/6 Oktober 2018 berstatus
sekolah negeri yang terletak di perbatasan Kab. Bone, Kab. Pangkep yang terdiri
dari satu rombel untuk setiap jenjang. Nama guru Sasaran Fitriani, S.Pd. dan
kepala sekolah Zainuddin, S.Pd., M.Pd. sudah menjabat sejak tahun 2009.
Berdasarkan data dari
isntrumen Praktik Pembelajaran dan Penilaian pada saat pembelajaran di SMPN SATAP
4 Pujananting dapat disusun umpan balik
pembelajaran dan penilaian sebagai berikut:
- Umpan Balik Pembelajaran guru sasaran mata pelajaran IPA di SMP Negeri SATAP 4 Pujananting pada umumnya sudah mulai bercirikan saintifik; aktivitas mengamati, mengumpulkan data, dan presentasi sudah diterapkan. Hal yang perlu diprhatikan sebagai catatan pembelajaran adalah pelaksanaan tahap-tahap Pendahuluan Pembelajaran yaitu; 1) menjelaskan manfaat mempelajari suatu materi, 2) menjelaskan rencana alur kegiatan pembelajaran, 3) menginformasikan jenis penilaian yang dilaksanakan saat pembelajaran berlangsung. Sementara tahap Inti pembelajaran perlu memberi kesempatan atau melatih peserta didik untuk BERTANYA.
- 2. Umpan Balik Penilaian, guru sudah menulis catatan perilaku peserta didik sebagai implementasi penilaian sikap. Instrumen penilaian keterampilan berupa lembar observasi praktik dan instrumen penilaian proyek/produk belum tersedia. Guru membutuhkan pelatihan pembuatan isntrumen penilaian, pengolahan hasil belajar terutama dalam penentuan kategori dan deskripsi hasil belajar peserta didik.
- 3. Berdasarakan data dari instrumen telaah RPP untuk dokumen RPP yang sudah direvisi dan dikumpulkan oleh guru sasaran dapat rekomendasikan sebagai berikut: dokumen rencana pembelajaran pada umumnya sudah lengkap hingga lampiran-lampirannya, RPP dengan keterampilan abad 21 berupa 4C (Critical, Creativity, Colaboration, Communication) sudah terlihat di dalam dokumen . Dokumen guru sasaran perlu menuliskan dibawah IPK (bukan di bawah Tujuan Pembelajaran) beberapa karakter yang diintegrasikan dalam pembelajaran, pada bagian materi perlu dirinci bagian Materi Reguler Faktual, konseptual, Prosedur, dan Metakognitif. Bagian Penilaian perlu ditambahkan instrumen penilaian keterampilan dan rubriknya. Dokumen RPP dan Instrumen penilaian yang telah direvisi (terlampir),
d.
Contoh pengolahan
nilai, Contoh penulisan pencapaian peserta didik dalam rapor (terlampir).
e.
Catatan Khusus Instruktur mendampingi guru di sekolah
ini harus mencari alat transfor khusus karena medan yang berat dan menginap di
Lokasi.
.......
dst sejumlah sekolah/guru sasaran yang didampingi....
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Hasil praktek pembelajaran
IPA dari guru-guru sasaran memiliki kelemahan pada
....................................... dan potensi untuk dikuatkan
............................... dan keunggulan pada
.........................................................
Sementara penilaian
dalam pembelajaran memiliki kelemahan pada
....................................... dan potensi untuk dikuatkan
............................... dan keunggulan pada
.......................................................... dokumen RPP dan
Instrumen penilaian yang telah direvisi memerlukan perbaikan lagi pada
.................................. dan .................................................................................................
pada aspek pengolahan nilai dan penulisan pencapaian peserta didik dalam rapor.memerlukan
menajaman pada .............................................................
B.
Rekomendasi
Berdasarkan
kesimpulan di atas maka dapat direkomendasikan pentingnya melatih
mengimplementasikan pembelajaran dengan pendekatan saintifik, menelaah RPP,
membuat instrumen penilaian sendiri dan mengadakan dan mengumpulkan data hasil
belajar peserta didik. Mengenai pengolahan nilai sudah diambil alih oleh
Puspendik Kemendikbud, sehingga guru fokus saja dalam pengumpulan data hasil
penilaian peserta didik.
Lampiran-lampiran opsi 1:
1.
Daftar guru yang
ditandatangani (Kartu Kontrol)
2.
RPP dan Instrumen
Penilaian (10 guru sasaran)
3.
Telaah RPP (10 guru
sasaran)
4.
Lembar Refleksi
Diri Praktik Pembelajaran (10 guru sasaran)
5.
Lembar Pengamatan
Praktik Pembelajaran (10 guru sasaran)
6.
Instrumen dan
Pengolahan nilai sikap (10 guru sasaran)
7.
Pengolahan Nilai
Pengetahuan (10 guru sasaran)
8.
Pengolahan Nilai
Keterampilan (10 guru sasaran)
Lampiran-lampiran opsi 2:
1.
Daftar guru yang ditandatangani
(Kartu Kontrol)
2.
Dokumen dan Foto Hasil
Pendampingan On-Servis SMPN SATAP 4 Pujananting
3.
Dokumen Hasil
Pendampingan On-Servis SMPN SATAP 6 T. Riaja
4.
Dokumen Hasil
Pendampingan On-Servis SMPN SATAP 4 Barru
5.
Dokumen Hasil
Pendampingan On-Servis SMPN SATAP 4 Balusu
6.
Dokumen Hasil
Pendampingan On-Servis SMP Muhammadya Kampung Baru
7.
Dokumen Hasil
Pendampingan On-Servis SMP DDI Mangkoso
8.
Dokumen Hasil
Pendampingan On-Servis SMP Muhammadya Takkalasi
9.
Dokumen Hasil
Pendampingan On-Servis SMPN SATAP 4 Soppeng Riaja
10. Dokumen Hasil Pendampingan On-Servis SMPN SATAP 5 T.
Rilau
11. Dokumen Hasil Pendampingan On-Servis SMPN SATAP 7 T.
Riaja
DOWNLOAD TEMPLATE LAPORAN DI SINI
No comments :
Post a Comment
Tabe' dibutuhkan Komentar yang konstruktif ......;;...